Senin, 13 Juni 2011

Cermin diri sendiri

“Ada pepatah yg mengatakan, orang lain adalah bayangan kita sendiri. Ketika kita melihat org lain, sesungguhnya kita sedang melihat cermin......”

Dan ternyata memang, dari Abu Hurairah R.A, bahwasanya Rasulullah SAW telah bersabda :

“Jika ada orang berkata bahwa sebagian besar orang sekarang sudah rusak, maka orang yang berkata itu sendiri yang paling rusak diantara mereka”. HR. Muslim

Keterangan hadist : Imam Nawawi, ketika menulis hadist ini dalam kitab Riyadhus Shalihin, beliau memberi penjelasan sebagai berikut :

“Larangan berkata seperti di atas itu (larangan berkata sebagian besar orang sudah rusak) adalah untuk orang yang mengatakan dengan tujuan rasa bangga pada diri sendiri (‘ujub), sebab dirinya tidak rusak; dan dengan tujuan merendahkan orang lain dan menunjukkan bahwa dirinya lebih mulia daripada mereka. Maka yang demikian ini adalah HARAM !

“Adapun orang yang berkata demikian itu karena didorong perasaan sedih melihat yang dialami oleh banyak orang, dan timbul dari keinginan untuk lebih berjayanya agama Islam, maka perkataan tersebut tidak ada salahnya”

Hadist ini menjadi peringatan kepada kita semua saat membicarakan masalah-masalah yang berkaitan dengan agama ataupun masalah umat; agar jangan merasa ujub dengan diri sendiri, bahkan hendaklah kita lebih suka untuk menegur diri sendiri. Hendaklah didasari rasa kasih sayang dan keinginan agar agama Islam lebih berhasil.

Tidak ada salahnya membicarakan kerusakan yang terjadi, namun janganlah menganggap diri kita sempurna, dan orang lain tidak sebanding dengan kita.
Mudah-mudahan Allah s.w.t, dengan limpahan karunia-Nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar